Rabu, April 17, 2013

MUDA-KAN BUMI DENGAN TEKNOLOGI HIJAU

Gimana rasanya kalo kita lagi pergi kemana pun misalnya Kerja dengan jalan kaki terus keadaan panas banget cuacanya atau gimana rasanya saat lo naik kendaraan umum yang sesek penuh dengan penumpang dengan keadaan cuaca panas, pasti akan bete. Udah udara yang panas banget, belum terkadang ada penumpang yang belum mandi udah pergi, ada yang belum gosok gigi dan mulutnya menghasilkan banyak CO2, belum lagi bau ketek sopir sama keneknya yang aduhai, apapun penyebabnya pasti lo akan bete.

Wah, hari ini panas banget ? Gila matahari nya ! Neraka bocor apa ! Kok panas tiba-tiba hujan sih ? Kulit gue bisa rusak nih kalo terus panas-panas'an ! Bumi kenapa panas banget ?  itu sekian banyak keluhan yang dilontarkan saat mereka merasakan kepanasan disaat sedang beraktivitas. Banyak orang yang selalu mengeluh dengan keadaan bumi sekarang, padahal yang menyebabkan bumi seperti sekarang ini adalah manusianya sendiri.

Coba lo bayangin beberapa tahun kedepan apa yang terjadi pada bumi nanti ? sekarang aja udah begini, gimana nanti ? Bumi sudah tak seperti dulu, tak seindah dulu, tak seasri dulu, tak sedingin dulu. Coba lo tanya kakek atau nenek atau siapalah orang yang lebih tua dari kalian, Apa kah dulu bumi keadaan kaya gini ? panas gak jelas ?  Pasti jawabannya ENGGA. Karna dulu masih banyak pohon dimana-mana, kendaraan belum banyak seperti sekarang, gedung tinggi belum banyak seperti sekarang, lahan kosong bejibun. Kalo sekarang ? gak usah di tanya deh, liat aja sendiri dan rasakan. Gedung tinggi mulai banyak, Industri dimana-mana, lahan kosong mulai sempit, kendaraan dimana-mana. motor, mobil dan kendaraan apa pun yang dapat merusak bumi mulai banyak. Mereka semua berbondong-bondong menghasilkan CO2 dan gas-gas lain yang dapat mencemari udara.

SUMBER PENCEMARAN UDARA
Polutan yang dapat mencemari udara terutama bersumber dari asap pabrik dan kendaraan bermotor. Polutan ini secara garis besar dapat dibedakan menjadi polutan bentuk gas dan bentuk partikel, antara lain sebagai berikut.

1) Karbondioksida (CO2)
  Masuk ke udara sebagai akibat dari kegiatan dekomposisi (pelapukan) bahan organik (sampah), fermentasi dan pembakaran. Selain itu, CO2 juga dapat dihasilkan dari alam seperti hasil respirasi, pelapukan batuan, kegiatan magma , dan sebagainya.

2) Karbonmonoksida (CO)
  Terbentuk karena pembakaran tak sempurna dari zat karbon, baik yang terdapat pada bensin, kayu, batu bara, dan sebagainya. Gas ini sangat bersifat beracun.

3) Nitrogen Oksida (NOx)
  Merupakan produk sampingan dari pusat-pusat pembakaran oleh industri-industri, transportasi dan pusat-pusat pembangkit tenaga listrik.

Di atas merupakan  sebagian kecil contoh hasil-hasil gas yang di hasilkan oleh teknologi yang tidak memperdulikan lingkungan. Karna banyaknya teknologi tersebut yang jika dipertahankan akan terus merusak bumi, contohnya saja kendaraan motor atau mobil yang paling sering menghasilkan gas-gas tersebut. Banyak industri mobil yang tidak terlalu memikirkan nasib bumi, mereka terkadang hanya berpikir caranya menarik konsumen dengan tampilan mobil yang keren, dinamis dan teknologi kapasitas mesin yang besar. Apakah kita mau terus menerus mempertahankan teknologi yang bisa merusak bumi ? apa lo mau kalo lama-lama bumi makin panas ? atau nanti bumi akan berubah nama jadi "Merkurius kedua" atau "Oven terbesar" karna saking panasnya ? Jadi apa yang kita butuhkan ?yang kita butuhkan saat ini ya teknologi ramah lingkungan yang tidak menghasilkan gas penyebab pencemaran udara, atau biasa disebut TEKNOLOGI HIJAU .









Teknologi ini sudah mulai dikembangkan oleh salah satu pabrikan mobil jepang, Daihatsu.
Daihatsu sudah mengeluarkan yang nama teknologi hijau dalam inovasi teknologinya, tentunya gebrakan teknologi ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga lingkungan terutama bumi terhadap dampak pencemaran udara.


 Tahap teknologi hijau





1. Eco-IDLE
 







Sistem teknologi "eco-IDLE" ini dapat mengatur hidup dan mati-nya mesin secara otomatis dalam keadaan macet. Keuntungan teknologi adalah dapat mencapai ke efesiensi-an bahan bakar, dan dapat juga menghasilkan pembakaran yang sempurna dan juga meminumkan pengeluaran gas CO2. Canggih kan? canggih lah



2. 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection





Pada tahap teknologi ini, dengan menggunakan mesin dua silinder turbocharged . Mesin memiliki komponen yang lebih sedikit sehingga lebih ringan dan menggunakan sumber daya yang sedikit juga.

Dengan “active ignition system” dan berbagai teknologi lainnya, efisiensi penggunaan bahan bakar bisa mencapai 30 %. Teknologi ini menghadirkan kenyamanan dalam berkendara dan efisiensi bahan bakar, meskipun dengan mesin kecil melalui sistem turbo yang ada pada tahap ini. Keren kan ? keren dong



3. Precious Metal-Free Liquid-Feed Fuel Cell





Nama-nya udah keren kan? teknologi ini dapat membuat emisi gas buang CO2 NOL !! Ini merupakan wujud dari kendaraan yang ramah lingkungan. Bahan pembuatan teknologi dalam mobil ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, serta biaya yang dikeluarkan lebih rendah.

Teknologi ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini memiliki kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru (Teknologi Hijau ) . WOW KEREN...





Dengan teknologi ini Daihatsu pabrikan mobil jepang berkomitmen dalam upaya menjaga lingkungan terutama bumi dalam segala pencemaran udara. Dan juga ingin menciptakan kendaraan yang nyaman bagi konsumen dan bagi lingkungan.

Jadi, tunggu apa lagi ? kalian seharusnya pintar dalam memilih teknologi dalam keadaan seperti ini. Terutama genenari muda yang seharusnya peduli terhadap lingkungan. Mulai sekarang kembangkan Teknologi Hijau dalam kehidupan atau ingin bumi berubah jadi matahari ?

MOBIL RAMAH LINGKUNGAN , TEKNOLOGI HIJAU, YES !!!!



14 komentar:

  1. Openingnya keren gan. Paragraph pertama dan kedua..jossssss gandosssssssssss....

    BalasHapus
  2. bagus postingannya.. semoga berhasil.. :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih semua ^_______^

    BalasHapus
  4. yeee nice article ~ semoga menang salam kompetisi yakk ~ ~

    kunjung http://kimchiness48.blogspot.com/2013/04/Daihatsu.html

    BalasHapus
  5. Keren artikelnya gan..

    salam super, eh salam kompetisi :)

    BalasHapus
  6. salam kompetisi :) smg menang & sukses yaa

    follow & kunjungi http://rezgina.blogspot.com
    terimakasih

    BalasHapus
  7. artikelnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. artikel ulasannya keren, keep blogging dan salam kompetisi. dtunggu kunjungan baliknya ya...! trims :)

    http://achriyadi.blogdetik.com/2013/04/19/teknologi-hijau-persembahan-daihatsu-untuk-bumi-yang-lebih-baik-lagi/

    BalasHapus
  9. Selamat ya telah masuk ke tahap Polling. :D
    Ane udah Like Postingan blog punya agan :)
    ditunggu like baliknya ya ;)
    Langsung aja Klik : Teknologi Hijau, jadikan Bumi kembali Berkicau
    Terima Kasih, Salam Kompetisi, dan Semoga Menang ^_^
    Amien...

    [Ayo Kita Dukung Teknologi Hijau Daihatsu demi Kehidupan yang lebih baik di Masa Depan]

    BalasHapus
  10. bener gak ? jaangan-jngan bohong nih :(

    BalasHapus
  11. Selamat ya masuk 50 besar :)

    like balik ya di sini http://microsite.detik.com/minisite/daihatsublog/listblog/?q=wijonarko&subminp=

    BalasHapus
  12. Sudah tahu dus makanan yang dibuat dengan teknologi ramah lingkungan kan? Tray tersebut terbuat dari kertas foodgrade yang artinya tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga aman untuk makanan.

    BalasHapus

Berkomentar-lah dengan baik sesuai kaidah yang berlaku dalam norma masyarakat